Friday, April 6, 2007

Singapura, Surga Belanja Tiada Tara

Negara di pulau kecil ini memang sungguh menakjubkan. Dengan luas yang hanya setara dengan sebuah kotamadya di Indonesia bisa menghasilkan devisa untuk negara dengan nilai yang sangat besar. Hal itu salah satunya disebabkan, Singapura sangat terkenal sebagai kota surga belanja. Belanja besar-besaran terutama dengan iming-iming diskon tentunya akhirnya akan menambah pendapatan bagi negara.

Apalagi pemerintah Singapura sangat giat menggelar The Great Singapore Sale (GSS) setiap tahun dan menjadikannya sebagai even paling menarik dalam wisata belanja di negara Singa Duyung itu bagi turis-turis asing. Sedemikian populernya GSS, membuat para turis seakan tersihir berkunjung ke Singapura untuk memburu mulai produk fashion, barang elektronik, audio video, perhiasan, alat optik, arloji, cindera mata hingga perlengkapan rumah tangga.

Selama delapan minggu, penawaran menarik dengan harga diskon hingga 70% tersebar di ribuan toko di seluruh Singapura. Hal ini tentunya dapat membangkitkan selera para shopaholics untuk memuaskan hasratnya berbelanja. GSS diselenggarakan oleh Badan Pariwisata Singapura (Singapore Tourism Board/STB) bekerjasama dengan Asosiasi Ritel Singapura (Singapure Retailers Association/SRA).

Sebagai tujuan wisatanya, Orchard Road adalah salah satu kawasan yang sangat tersohor di mancanegara, karena hampir 24 jam dalam sehari ramai dijejali turis asing berburu barang-barang sale yang seringkali membuat pengunjung terbengong-bengong melihat produk berkualitas internasional ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Barang sale bukan berarti yang dikeluarkan adalah stok lama-lama saja tetapi model-model terbaru pun tersedia. Sejumlah toko terkenal di kawasan ini yang memberi potongan harga yaitu seperti Takashimaya, Lucky Plaza dan Wisma Atria.

Terdapat juga beberapa pusat perbelanjaan utama yang berjajar mulai Tanglin Road sampai ke Orchard Road dan Bras Basah Road serta Marina Bay, mendapat berbagai julukan berkelas seperti Fifth Avenue, Regent Street, Champs-Elysees, Via Veneto dan Ginza Singapura.

Pusat informasi wisatawan (Singapore Visitors Centre/SVC) pun disebar di berbagai lokasi untuk membuat turis nyaman dalam berbelanja. SVC ini terdapat di kawasan Orchard, Changi, Cruise Center, Liang Court, Little India dan di kawasan Suntec.

Untuk mengatasi padatnya pusat-pusat perbelanjaan dan agar jam belanja para shopper tidak terasa begitu terbatas, STB menawarkan belanja hingga larut malam seperti yang ada di Wisma Atria, Tangs, Centrepoint, Plaza Singapura, Raffles City, CityLink, Suntec City Mall, Marina Square, Millenia Walk, DFS, Bugis Junction dan Bugis Village.

Kenyamanan berbelanja memang benar-benar diutamakan disini. Untuk menjamin itu GSS menyediakan nomor hotline 24 jam, yang memungkinkan calon konsumen menanyakan seputar toko favorit, barang obral, termasuk cara menemukan toko favorit tersebut.

Tamu asing juga dimanjakan dengan "Program pengembalian pajak untuk wisatawan asing" (global refund), yaitu hak mengklaim Pajak Barang dan Jasa yang dibayarkan ketika membeli produk. Syarat untuk mendapatkan itu yaitu bukan warga negara permanen Singapura, tidak pernah bekerja selama enam bulan terakhir di Singapura, pembelanjaan minimal US$100. Ini berlaku di semua toko yang bertanda "Tax Free Shopping Global Refund".

Hanya menunjukkan bukti pembelanjaan dan paspor, pajak barang dan jasa dapat langsung dikembalikan kepada konsumen. Tempat-tempat pengembalian pajak ini tersebar di Bandara Changi, Pusat Pengendalian Pajak, Centerpoint, Sim Lim Square dan di sejumlah pusat pertokoan.

Yang paling menarik adalah sikap keprofesionalan STB dalam mengumumkan toko-toko bermasalah. Seperti di tempat lainnya, Singapura juga terdapat sejumlah kecil pemilik usaha yang perilakunya bisa mencoreng citra tempat usaha lain yang bereputasi baik.

STB bertanggungjawab bahwa semua keluhan konsumen akan diselidiki secara menyeluruh. Setiap tempat usaha yang diketahui melakukan perbuatan salah, akan ditindak tegas. Wisatawan yang menjadi korban penipuan dan meminta ganti rugi akan dilayani satu kali 24 jam. Wow!

No comments: